Archive | tentang kita RSS feed for this section

Gagal Hanya Perisitiwa, Bukan Orangnya

4 Jul

Gagal Hanya Perisitiwa, Bukan Orangnya!

Definisi gagal : ga•gal v 1 tidak berhasil; tidak tercapai (maksudnya); 2 tidak jadi.

Dari definisi tersebut kita bisa tarik kesimpulan , bahwa orang yang gagal adalah orang yang tidak tercapai tujuannya, yang dia perbuat tidak jadi atau ngga beres / ngga selesai, jadi saat kita berada dalam event “gagal” setidaknya kita belajar sesuatu dari kegagalan kita saat itu dan kita berpikir, merubah strategi dan pada akhirnya kita bisa menyelesaikannya dengan sukses, jadi sekali lagi gagal adalah peristiwa bukan orangnya

"Failure is an event, never a person; an attitude, not an outcome."- Zig Ziglar

Tidak ada manusia yang terlahir untuk gagal. Kejatuhan dan keterpurukan adalah event2 yang mendewasakan kita. Saat kita jatuh kita mempunyai 2 pilihan : “cukup sampai sini, saya tidak mau mencoba lagi” atau “oke, kalau begini belum berhasil, gue ubah strategi, dan gue mau coba lagi!”

“There are two fatal errors that keep great projects from coming to life: Not finishing. Not starting.” – Buddha.

Walaupun kegagalan adalah peristiwa, bukan orangnya banyak orang berpikir mereka adalah orang gagal, yah dan itu menjadikan menanamkan mental gagal dalam dirinya, karena apa yang kita katakan dan pikirkan, niscaya itulah yang kita dapat. Orang sukses melihat kesempatan dalam kesempitan, orang gagal melihat kesulitan dalam kesempatan. Saat mental gagal tertanam dalam diri seseorang, bahkan untuk mencobapun sudah tidak mau walau sebenarnya mereka memiliki potensi yang lebih dari cukup. Hey bangun dong teman2, kita masi muda kita bisa menjadi apa aja yang kita mau, kuncinya gampang kok dreaming, acting, evaluating.

“The greatest failure is the failure to try.” – William A. Ward.

Mimpi aja setingginya, jangan takut jatuh dulu soalnya itu membatasi kita untuk maju! Saat kita jumpai kerikil2, kita bisa menambah strategi kita menggunakan sandal, saat kita kesulitan mendaki karena batu besar2 kita bisa mengubah sandal kita menjadi sepatu, saat kita menaiki jalanan yang terjal kita bisa ambil kayu untuk menjadikannya tongkat membantu kita jalan. Orang sukses adalah orang yang jenius dalam kehidupan, orang jenius adalah orang yang melihat hal yang sama dengan orang lain tapi berpikir beda tentang hal itu.

"A minute’s success pays the failure of years.” – Robert Browning
Orang sukses bukan berarti dia tidak pernah menjumpai kegagalan, tentu orang yang saat ini kita lihat sukses, kita hanya mengagumi kesuksesannya saat ini, dan kita akan tercengang akan jatuh bangunnya, sakit2annya saat meraih kesukseseannya saat ini. Dan tentunya jika di tanya tentu orang sukses tersebut akan lebih seru ceritain waktu dia susah2 nya deh, gimana dia bisa membangun bisnis, awalnya yang bener2 susah payah modal dengkul sampe sekarang dengkulnya ga di pake lagi buat bisnisnya. Ya kalo mau cepet sukses, sering2 aja deh mencoba sesuatu dan tekunin dan ganti strategi nya saat mengalami kegagalan, dengan banyak nya kegagalan tentu banyak pelajaran yang kita bisa ambil dan itu modal yang paling penting untuk mencapai kesuksesan.

"If you want to increase your success rate, double your failure rate." – Thomas Watson, Sr

"Pikirkan dan jadilah seperti apa yang ingin kita mau sendiri,
karena kita sendiri yang membuat batas dalam diri kita sendiri." – Antonius Felix

Keep Dreaming, Prepare for Your Own Success!

source

Advertisements

Antara Lidah, Perkataan, Dan Perbuatan

4 Jul

Berbicara. Sungguh sebuah kosa kata yang sederhana. Setiap hari kita mengucapkan kata-kata, sehingga sama sekali tidak ada hal yang menarik untuk dibahas. Tetapi, mengapa ada orang yang dibayar hingga puluhan juta rupiah untuk berbicara selama satu atau dua jam saja? Ada orang yang dicintai karena perkataan-perkataannya. Dan ada orang yang dibenci karena ucapan-ucapannya. Oleh sebab itu, kesederhanaan dibalik makna ‘berbicara’ pastilah memiliki keistimewaan yang layak untuk kita renungkan.

Berbicara bukanlah sekedar keterampilan memainkan lidah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Melainkan juga menjadi salah satu sarana untuk menyampaikan gagasan, bertukar pikiran, juga mempengaruhi orang lain.

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar berbicara secara efektif, saya ajak untuk memulainya dengan menerapkan 5 kemampuan Natural Intelligence berikut ini:

1. Berbicaralah yang baik, atau diam saja.

Sungguh beruntung orang-orang yang dapat menjaga lidahnya untuk tetap diam, daripada mereka yang rajin mengucapkan perkataan yang tidak memiliki manfaat apa-apa. Resiko tertinggi orang yang diam adalah ‘disebut orang pasif’. Sedangkan resiko terrendah bagi orang yang banyak bicara adalah disebut ‘orang yang banyak omong’. Manfaat terbesar bagi orang yang diam adalah ‘tidak dibenci oleh orang lain’. Sedangkan manfaat terbesar bagi orang yang berbicara adalah; ‘pahala yang mengalir atas kata-katanya yang baik’. Maka berbicaralah yang baik-baik karena pahala kebaikannya sangat besar. Atau kalau tidak bisa mengucapkan perkataan yang baik, maka sebaiknya ya diam saja.

2. Selaraskanlah antara perkataan dengan perbuatan.

Perhatikan orang-orang yang tidak selaras antara perkataannya dengan perbuatannya. Betapa banyak contoh orang seperti itu dihadapan Anda. Dan Anda tahu betul bahwa orang lain sudah tidak lagi mempercayai mereka. Ketika seseorang mengatakan pesan-pesan kebaikan kepada orang lain, namun dirinya sendiri berperilaku sebaliknya; maka orang tidak lagi mempercayai kata-katanya. Karena ketidakselarasan menyebabkan hilangnya kepercayaan. Jagalah keselarasan antara perkataan dan perbuatan, maka Anda akan mendapatkan kepercayaan dari orang-orang disekitar Anda.

3. Gunakanlah perkataan untuk mengajari diri sendiri.

Orang-orang yang terlalu banyak berbicara – saya, misalnya – memiliki kecendrungan untuk mengajari atau mengajak orang lain melalui perkataan yang yang diucapkannya. Sayangnya sering lupa untuk mengajari diri sendiri. “Jujurlah!” katanya. Tetapi dia sendiri tidak jujur. Ini menandakan bahwa dia gagal mengajari dirinya sendiri. Motivasi saya saat mengatakan sesuatu adalah mengajari diri sendiri. Ternyata sangat berat untuk belajar sendirian, makanya saya membagi pelajaran bersama orang-orang yang saya cintai. Itulah sebabnya sambil mengajari diri sendiri, saya berbagi pelajaran itu dengan Anda.

4. Tebuslah perkataan dengan pendengaran.

Ada ruginya juga memposisikan diri sebagai orang yang paling banyak berbicara. Kita sering tidak sempat mendengar perkataan orang lain. Boleh jadi perkataan kita bukanlah hal terbaik dalam satu urusan tertentu. Namun karena kita tidak bersedia mendengarkan perkataan orang lain; maka kita kehilangan pelajaran berharga. Sungguh beruntunglah orang yang selain berbicara, dia juga bersedia mendengar. Selain ilmunya bisa memberi manfaat kepada orang lain, dia sendiri bisa menarik manfaat dari pelajaran yang ditebarkan oleh orang lain.

5. Yakinlah jika setiap perkataan harus dipertanggungjawabkan.

Kita sering mengira bahwa kata-kata yang keluar dari mulut kita akan menguap begitu saja. Kenyataannya perkataan yang kita ucapkan beberapa tahun lalu, masih diingat oleh orang lain. Sungguh beruntung jika kata-kata itu baik. Namun sungguh rugi kita jika kata-kata itu buruk. Setiap kata yang baik, menghasilkan pahala yang baik. Namun, setiap perkataan buruk pasti akan dibalas dengan imbalan yang juga buruk. Bahkan, guru spiritual saya mengatakan; “betapa besarnya murka Tuhan kepada orang yang mengatakan sesuatu yang bertolak belakang dengan perbuatannya.” Yakinlah, setiap perkataan harus dipertanggungjawabkan.

Keterampilan berbicara bukanlah monopoli mereka yang berprofesi sebagai pembicara publik. Setiap orang patut memiliki keterampilan berbicara yang baik. Satu hal yang perlu diingat adalah; berbicara tidak selalu berarti mengucapkan sesuatu dengan lidah kita. Melainkan juga menunjukkan tindakan nyata dalam kehidupan kita sehari-hari. Mungkin kita bisa berbicara dengan nyaring, namun perbuatan kita berbicara lebih nyaring dari kata-kata yang diolah oleh lidah kita.

source

Cara Menciptakan Keberuntungan

4 Jul

Saat kita berlayar dalam perjalan hidup kita, keberuntungan akan muncul sebagai hasil dari aliran yang kita buat.

Berikan kesempatan kepada keberuntungan untuk terjadi

Seorang Bill Gate bisa mendapatkan penghasilan netto $40miliar/tahun, mengapa ia bisa seberuntung itu?

Dalam olahraga Volly, jika kita melihat seseorang yang biasa saja bisa melakukan sebuah smash yang keras dan baik, seringkali kita menganggap bahwa ia beruntung, “Ah itu cuma kebetulan saja” dari semua titik dilapangan kebetulan dia berada di tempat dan waktu yang tepat.

Segala sesuatu dalam hidup adalah keberuntungan
(Donal Trump)

Keberuntungan dalam bahasa Inggris adalah “LUCK”, yang dasarnya dibangun atas empat kondisi: Location (Lokasi), Understanding (Pemahaman), Connection (Hubungan), Knowladge (Pengetahuan).

Location (Lokasi)

Siapakah yang memilih tempat begi kita setiap hari? Kita kerja, ngenet dan seluruh aktivitas yang kita kerjakan adalah pilihan kita, begitu juga ketika kita memilih tempat mana yang akan kita ambil. Seorang pemain Volly tidak bisa mensmash bola volly ketika dia tidak ikut bermain di lapangan, ia tidak akan mampu mendapatkan kesempatan untuk melakukan pukulan atau smash tatkala ia hanya menjadi seorang penonoton.

Keberuntungan tidak akan datang tatkala kita menempatkan diri kita sebagai seorang penonton dari keberuntungan tersebut.

Understanding (Pemahaman)

Oke sekarang anda sudah berada dilapangan keberuntungan. Tetapi anda tidak mengerti untuk apa anda disana? Anda tidak mengerti kapan harus memukul bola dan kapan untuk tidak memukul bola, anda tidak mengerti kearah mana harus memukul bola? Para pemain mengetahui alasan mereka berada di lapangan Volly, siapa lawan mereka dan siapa teman mereka, kearah mana mereka harus memukul sehingga ketika momentum datang, ia menjadi sebuah momentum keberutungannya.

Banyak dari kita tidak mengetahui bahwa kita sedang berada dalam momentum keberuntungan.

Connection (Hubungan)

Oke sekarang anda sudah dilapangan, anda mengerti momentum apa yang harus dimanfaatkan tetapi tidak ada satu orangpun yang pernah memberikan bolanya kepada anda. Apakah momentum untuk anda bisa hadir? Banyak diantara kita melupakan hal ini, bahwa hubungan menjadi sangat penting bagi kita agar bola bisa kita pukul dan menghasilkan keberuntungan untuk kita. Kita harus kenal dan memperkenalkan diri kita kepada semua pemain, sehingga ketika bermain para pemain tau bahwa kita adalah teman mereka sehingga mereka bisa memberikan bola kepada kita. Coba anda pikirkan, bukankah setiap transaksi bisnis terjadi karena adanya hubungan dan kepercayaan?

Para penghasil kekayaan memilik bola bernilai jutaan yang ditendang kea arah mereka setiap hari sebagai hasil dari relasi yang mereka telah bangun. Hubungan tidak sama dengan jaringan. Banyak dari kita memiliki jaringan yang besar, tetapi jaringan tersebut penuh dengan penonton bukan pemain yang bermain untuk pertandingan kita. Jadi tetap saja tidak ada peluang yang datang.

Keberuntungan terjadi karena adanya hubungan

Knowledge (Pengetahuan)

Sekarang anda sudah ada dilapangan, sudah memiliki hubungan dengan pemain yang lain, tetapi saat bola dioper kearah anda, anda tidak paham dan mengerti bagaimana caranya memukul bola. Anda tidak pernah terbiasa dan tidak mengetahui teknik yang tepat tentang memukul bola tersebut. Percuma ada bola yang menghampiri anda karena pada akhirnya anda tidak bisa memukul bola itu dengan baik. Mengetahui cara memukul bola muncul karena anda sering memainkannya itu dan belajar dari yang lebih mahir dari anda.

Mengetahui tetapi tidak melakukan sama saja dengan tidak mengetahui

Kekayaan bukanlah berapa banyak jumlah uang kita, tetapi kekayaan adalah apa yang masih tersisa ketika semua uang kita habis. Bersemangatlah

source

Tips di Saat Kita Sedang Kehilangan MOTIVASI DIRI

4 Jul

Cita-cita sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar seperti orangtua, teman ataupun tetangga. Biasanya, lingkungan sekitar akan sangat kuat pengaruhnya terhadap masa depan Anda.

Sering kali terjadi bahwa cita-cita bukanlah merupakan cita-cita pribadi, melainkan sudah terjadi dan Anda jalani saat ini. Tidaklah mungkin mengubah secara fisik apa yang saat ini sudah terjadi. Misalnya, Anda punya cita-cita untuk menjadi seorang dokter. Karena orangtua Anda sangat ingin punya anak seorang dokter mengarahkan Anda sudah terarah untuk menjadi dokter. Nah, ini tidak mungkin Anda ubah. Anda pasti tetap menjadi seorang dokter.

Kehidupan Anda sejatinya tidak harus terkait dengan berbagai sebutan-sebutan profesi. Tetapi yang terpenting dipahami, bahwa kehidupan pribadi Anda sangat dipengaruhi oleh sesuatu yang lebih prinsipil, sesuatu dari dalam diri Anda yang Anda yakini, yaitu CITRA DIRI.

Sekarang saatnya Anda mulai membentuk citra diri lebih baik, yaitu dengan mengubah cara berpikir Anda yang lama menjadi cara berpikir baru dan memikirkan cara-cara baru dalam memandang segala hal yang ada di sekeliling Anda.

Mengubah cara berpikir bukanlah dengan dengan berdiam diri dan “cukup” berharap akan berubah dengan sendirinya, melainkan dengan jalan berusaha mengubah diri, melakukan perjalanan ke dalam diri sendiri, memahami sepenuhnya siapa diri kita. Karena itu, mulailah untuk segera mengubah citra diri Anda. Bukan menjadi sosok yang baru, melainkan diri Anda yang sebenarnya. Berikut cara yang bisa Anda lakukan:

Bukalah Kembali ALBUM FOTO

Dengan melihat foto-foto remaja, Anda akan menatap diri Anda yang masih terbebas dari citra negatif yang Anda dapatkan ketika dewasa. Entah itu gambar ketika Anda membantu ibu Anda memasak di dapur, berada dalam pelukan ayah atau foto ketika Anda sedang belajar main gitar di sekolah. Apapun yang Anda lakukan saat itu, itulah diri Anda yang sebenarnya.

Buatlah DAFTAR PRESTASI

Apakah Anda pintar memasak, pernah menulis artikel di media kampus sehingga tulisan itu menjadi pembicaraan hangat, atau Anda selalu menjadi orang yang dicari ketika teman-teman Anda menghadapi kesulitan?

Setiap orang memiliki kelebihan. Dan Anda mungkin sebelumnya tak menyadari kelebihan itu karena menganggapnya sudah biasa.

AJARKANLAH KEAHLIAN Kepada Orang Lain

Berhentilah fokus pada diri sendiri agar Anda merasa lebih nyaman dengan diri Anda sendiri. Biarkan orang lain mengambil manfaat dari kemampuan Anda. Misalnya, bila risoles buatan Anda selalu dipuji teman-teman bawakan mereka risoles itu. Berikan resepnya pada yang meminta.

INGATLAH MOMEN Yang Paling MEMBAHAGIAKAN

Bukalah foto-foto atau catatan harian berisi pengalaman Anda yang membuat Anda merasa begitu hidup dan bersemangat. Selalu baca paragraf atau lihat kembali foto tersebut ketika Anda kehilangan motivasi.

Tuliskanlah SIFAT Anda yang paling MENARIK

Apa pujian orang mengenai diri Anda?. Apakah senyum Anda yang selalu merekah setiap kali berpapasan dengan orang lain di kantor, meskipun Anda tidak mengenalnya?. Apakah sikap Anda yang selalu optimis?. Ataukah sikap Anda yang tak pernah ingin menonjolkan diri?.

Tak semua orang memiliki prilaku semacam itu. Jadi, hargailah sisi menarik dari diri Anda.

Tuliskanlah SIFAT-SIFAT yang INGIN Anda MILIKI

Misalnya, Anda selalu memandang negatif pada diri orang lain dan ingin mengubahnya? Anda yang mudah tersinggung dan ingin lebih terbuka dengan pendapat orang lain. Pikirkan secara detail, perbaikan seperti apa yang Anda inginkan.

Berikanlah PUJIAN kepada Orang Lain

Menyadari bahwa orang lain merasa senang dan bahagia dengan pujian yang Anda berikan akan menciptakan perasaan yang lebih baik mengenai diri Anda sendiri. Sangat sedikit orang yang mau memuji orang lain. Padahal, efeknya sungguh luar biasa.

Lebih Seringlah BERGERAK

Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan untuk tujuan kesehatan dan kebugaran kerap dikaitkan dengan peningkatan keyakinan diri dibandingkan jika Anda melakukannya untuk tujuan kecantikan. Jalan kaki, naik tangga, main bersama keponakan dan lain sebagainya terbukti efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri.

adakalanya setiap insan mengalami “disorientasi” dalam hidupnya. tidak ada salahnya bila mencoba bangkit kembali dengan kemauan dan semangat baru untuk menjadi diri sendiri yang lebih baik.

jangan sampai berlarut-larut membiarkan diri menjadi sosok insan dengan citra diri yang tidak baik. semakin lama menunda-nunda, semakin berat pula untuk memulainya.

source

Mitos Karir di kalangan masyarakat, yang harus Anda ketahui

4 Jul

Banyak alasan mengapa seseorang memilih karir tertentu dalam hidupnya. Banyak yang beralasan karena besarnya pendapatan yang ditawarkan, masa depan karir yang cemerlang, sampai karir yang bisa memberikan kekuasaan yang besar.

Di antara alasan-alasan tersebut, terdapat mitos yang juga beredar di kalangan masyarakat. Mitos-mitos inilah yang bisa menyesatkan orang saat akan menentukan karirnya. Mitos seperti apakah itu?

Memilih karir itu mudah

Sebenarnya, proses memilih karir membutuhkan waktu yang lama dan serius. Sebelum memutuskannya, seseorang harus mengenal dirinya sendiri terlebih dahulu, mengetahui minat, dan kesempatan yang ada.

Konsultan karir tahu yang terbaik

Bahkan seorang konsultan karir tak bisa mengetahui dengan pasti pekerjaan atau karir apa yang cocok untuk seseorang. Mereka hanya bisa memberi panduan atau memberikan bimbingan agar seseorang lebih mantap dalam memilih karir.

Hobi tak bisa jadi andalan hidup

Sudah banyak buktinya, kalau hobi bisa dijadikan mata pencaharian. Bahkan dengan menjadikan hobi sebagai sebuah pekerjaan, semangat dan gairah bekerja akan mewujud dalam karya yang cemerlang.

Karir terbaik = karir yang populer

Sering kali, para ahli atau konsultan karir memberikan ”bocoran” soal karir-karir yang prospeknya akan cemerlang di beberapa tahun ke depan. Ingatlah, jangan pernah hal ini dijadikan bahan pertimbangan terbesar saat memutuskan karir. Lagipula, prediksi ini terkadang tak selalu tepat karena kondisi memang selalu berubah. Akan lebih baik jika memilih karir berdasarkan ketertarikan dan kemampuan yang dimiliki. Yang penting untuk diingat ialah, pekerjaan yang prospeknya bagus belum tentu cocok untuk orang tersebut.

Banyak uang berarti bahagia

Gaji memang penting, tapi jangan dijadikan satu-satunya alasan dalam memilih karir. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa uang tidak otomatis membuat seseorang puas dan bahagia dengan karirnya. Buat banyak orang, kesenangan saat mengerjakan pekerjaan tersebut justru menjadi hal yang paling penting. Meski begitu, faktor uang atau gaji juga patut dipertimbangkan saat memilih karir.

Mengubah karir sama dengan membuang keahlian

Keahlian yang sudah dimiliki tak akan pernah tersia-sia. Keahlian tersebut mungkin saja tidak bisa dipakai seperti saat di pekerjaan sebelumnya, tapi keahlian itu tidak akan sia-sia dan tetap dapat digunakan kapan saja, dalam pekerjaan apa saja.

Jika cocok untuk mereka berarti cocok untuk saya

Setiap orang pasti berbeda, bahkan jika mereka punya banyak kesamaan. Karena itulah jangan pernah berpikir bahwa karir yang dimiliki oleh orang yang karakternya sama dengan Anda, maka pekerjaan tersebut juga cocok untuk Anda. Jika Anda tertarik dengan karir sahabat atau saudara Anda, coba cek dan pelajari dulu, apakah karir tersebut benar-benar pas untuk Anda.

Pilih pekerjaan dulu, setelah itu lihat saja nanti

Mendapatkan pekerjaan memang satu langkah yang baik, namun hal ini barulah permulaan. Jika seseorang menginginkan karir yang baik, maka ia harus membuat rencana-rencana tertentu tentang posisi atau jabatan yang harus diraih dalam beberapa waktu ke depan. Jika ia asal menerima sebuah pekerjaan, sangat sulit untuk membuat rencana-rencana tersebut karena kemungkinan besar iapun tak terlalu paham dan tak memiliki gairah terhadap karir atau pekerjaan tersebut.

Cara paling tepat mengetahui sebuah pekerjaan ialah dengan bekerja di bidang tersebut

Pengalaman langsung memang yang terbaik, namun ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mempelajari dan memahami sebuah pekerjaan tanpa harus mengalaminya sendiri. Berbagai cara, mulai dari membaca berita di surat kabar, browsing di internet, sampai bertanya pada orang-orang yang bekerja di bidang tersebut, bisa dipraktekkan untuk mempelajari sebuah pekerjaan.

source

Pengelolaan rasa marah (Anger Managemet)

4 Jul

Pengelolaan rasa marah (Anger Managemet) berati kita tidak untuk menghilangkan rasa marah. Pengelolaan adalah cara untuk mencapai hasil lebih baik.

Sehinga pengelolaan rasa marah ini, mengubahnya dari ancaman yang membahayakan – menjadi rahmat yang memperbaiki kehidupan, apabila kita menggunakan rasa itu untuk menjadi pribadi yang setia pada yang benar.

Bersabar itu bukan untuk menghilangakan marah atau rasa marah. Bersabar itu tetaplah marah, tetapi tidak menggunakan rasa marah itu untuk merendahkan diri dan melukai orang lain, sehingga merusak hubungan.

Jadi orang yang marah itu sebetulnya sedang ditantang untuk menggunakan diri terbaiknya.

Banyak diantara kita sudah berdo’a tetapi tidak berlaku sesuai dengan do’a kita.

Karena kita tidak berlaku sesuai dengan do’a kita, kita ditaruh dalam keadaan yang gelisah. Kegelisahan itu adalah perintah untuk mengupayakan perpindahan kekeadaan yang lebih baik.

Maka orang yang sudah gilasah, tetapi tidak membuat perubahan dalam dirinya, dia dibuat marah.

Sehingga dia harus tegas, karena orang yang tidak tegas ketika marah, maka dia dibuat semakin marah.

Kalau anda pribadi yang cintai Tuhan, anda diberikan masalah supaya marah. Karena kemarahan itu mempermudah keputusan.

Karena banyak orang yang sulit memutuskan, tetapi ketika marah dia bisa cepat memutuskan.

Jadi nikmatilah kemarahan itu sebagai perintah untuk tegas memindahkan diri anda ke dalam tempat lebih baik.

Perintah untuk memajukan kebaikan dan mencegah keburukan itu, hanya ditujukan kepada orang2 yang kuat. Jadi orang2 yang tahu untuk memajukan kebaikan itu butuh orang2 kuat, maka ia harus menguatkan diri.

Orang yang marah bebas meluapkan kemarahannya; tetapi orang yang marah dengan liar, tidak bebas dari dampak keliarannya.

Kita tidak mungkin melakukan kesalahan, lalu bebas dari dampak kesalahan itu.

Marah itu nafsu, dan nafsu itu tidak pernah netral; nafsu itu kalau tidak meninggikan, ia merendahkan; kalau tidak memuliakan, ia menghinakan.

Karena nafsu itu tidak netral, dan marah itu bagian dari nafsu; maka ambilah keuntungan dari marah itu.

Tenaga yang biasanya tidak anda punyai pada saat tidak marah, gunakan tenaga itu pada hal2 yang positif, seperti membersihkan rumah misalnya.

Marah itu bisa positif apabila:
– Marah itu tidak merendahkan diri.
– Marah itu jangan melukai orang lain.

Kita bebas untuk marah, tetapi tidak bebas dari dampak kemarahan yang liar.

Orang marah itu tergantung kepekaannya, orang yang mudah marah itu mendahulukan dugaan buruk.

Orang yang berhati baik akan mendahulukan dugaan baik. Memilih dugaan baik kepada orang, mempengaruhi kebaikan sikap kita kepada orang. Dan memilih dugaan baik kepda Tuhan, merasa hidup kita terjamin.

Marah itu rahmat, jangan digunakan untuk merusak. Marah itu seharusnya digunakan untuk menjadi prilaku yang lebih tegas berlaku lebih baik bagi kita.

Wanita yang harus mengingatkan orang lain bahwa dia wanita, berarti ada masalah pada penampilannya. Pemimpin yang harus mengingatkan anak buahnya untuk mendengarkan, itu ada masalah dengan nilai yang dikatakannya.

Jika ada anak buah membangkang atasan , ada 2 kemungkinan:
– Kurangnya nilai yang dikatakan oleh pemimpin
– Rasa hormat anak buah terhadap kemampuan atasan untuk menghukum.

Atasan yang marah adalah atasan yang disandera anak buahnya. Hati2 dengan kemarahan didepan anak buah, karena itu ungkapan kelemahan kita.

Nilai dari yang dibicarakan orang itu harus dari hatinya. Kecerdasan itu meningkatkan kualitas dari yang dikatakan; dan kalau berangkatnya dari hati, akan sampai dihati.

Maka para pemimpin akan indah sekali, apabila semua yang dikatakannya datang dari hati yang jujur.

Tidak ada apapun yang terjadi yang tidak dimaksudkan untuk menaikkan kelas kita. Dan tidak ada yang bisa menaikkan kelas kita, tanpa seijin Tuhan.

Jadi ikhlas ini adalah marah, tetapi kemarahan ini tidak dilakukan untuk melukai orang dan merendahkan diri.

Jika anda marah kepada seseorang, coba perhatikan pertanyaan berikut:
– Apakah anda demikian terlukainya oleh perlakuan orang itu?, Jika tidak, tinggalkan.
– Apakah orang itu dengan sengaja melukai anda?, jika tidak, tinggalkan.

Pelukaan yang paling pedih justru sering dilakukan oleh orang2 yang paling kita cintai; karena kita itu punya harapan.

Banyak suami-istri yang tidak banyak bicara, tetapi sudah memasang harapan sebagai suami dan isteri; kalau suami/isterinya tidak berlaku sesui yang diharapkan ia akan marah.

Kenapa orang tua bisa marah tanpa mendidik kepada anaknya, karena dia mengharapkan anak2nya sudah tahu.

Untuk itu bersabar-lah dan buat orang lain tahu. Biasanya orang yang disentuh dengan cara yang baik itu, lebih cepat berubah daripada dimarahi.

Karen banyak orang yang menggunakan kemarahan sebagai satu-satunya alat. Tukang kayu, yang alatnya hanya palu, akan memperlakukan segala sesuatunya seperti paku.

Orang yang hanya menjadikan marah sebagai satu2nya alat, akan memperlakukan segala sesuatu dengan marah. Padahal sebagian besar dalam kehidupan ini, bisa diperlakukan dengan kasih sayang.

Semua hal butuh waktu, tetapi apa yang kita lakukan dalam waktu itu yang menentukan kelas kita didalam waktu.

Wajar adalah perilku terbaik, sehingga orang yang marah tidak boleh merasa minder karena marah, karena itu kewajaran.

Yang memuliakannya apabila dia tetap berekasi kepada yang baik.

Dengan berjalannya waktu, karena hidup kita penting, kita akan bisa memilahkan; mana yang penting untuk marah, mana yang tidak penting dan harus diabaikan.

Putuskanlah dengan tegas apakah anda layak marah atau tidak, jangan jadi korban dari keputusan umum orang lain. Orang2 yang menggunakan cara umum jadi orang biasa. Orang2 yang tidak menggunakan cara umum jadi orang yang hebat.

Marilah kita menjadi pribadi yang anggun untuk memilah, apa yang membuat kita marah dan apa yang tidak.

Dan apabila kita marah, kita pilih prilaku terbaik kita, supaya kita tidak merendahkan diri dan tidak merusak hubungan.

Kita tidak perlu bereksperimen, karena Tuhan pasti memberikan kesempatan kepada kita untuk menjadi pribadi yang bijak.

Tuhan itu memberikan ujian dalam pengetian yang lain, Tuhan memberikan kesempatan untuk menjadi orang sebagaimana kita do’akan.

Jangan lihat ujian seperti halnya ujian manusia, ujian Tuhan itu ditujukan untuk memuliakan kita.

Sadarilah bahwa hati ini tempatnya godaan, tempatnya gangguan, dan tempatnya undangan untuk menjadi pribadi yang anggun.

Maka pilihlah untuk bereaksi baik terhadap seburuk-buruknya keadaan.

Kualitas hati itu menentukan keseluruhan dari kualitas hidup kita. Jadi orang yang merindukan peningkatan kualitas hidupnya, ia harus memperbiki kualitas hatinya.

Marah itu reaksi alamiah yang wajar. Dan marah itu memiliki kekuatan, kalau tidak memuliakan maka akan merendahkan.

Jadi marilah kita jadikan logika kita untuk selalu sadar, dalam persaan apapun untuk menetapkan penting atau tidaknya suatu hal bagi kita.

Hidup ini adalah pilihan, tetapi sebagian orang mengikhlaskan dirinya untuk menjadi orang tidak baik.

Untuk itu apapun masa lalu kita, apapun penyesalan tentang masa lalu, berapapu harga kita dimasa lalu; hari ini jadilah pribadi yang anggun, tetapkan jadi pribadi yang gagah, minta bantuan Tuhan untuk penguatan.

Apabila kita dicoba, dicoba selalu untuk yang baik, dan apabila kita bereaksi, kita berekasi dengan cara yang memuliakan kehidupan.

Marah itu wajar, tapi pastikan kita menggunakan kemarahan itu untuk kebaikan diri dan sesama.

source

Mari Meningkatkan kemewahan Yang Ada Pada Diri Kita

4 Jul

Pada dasarnya setiap manusia memiliki “kemewahan” atau kelebihan dalam dirinya. Kendati demikian ada baiknya kemewahan tersebut segera ditingkatkan. Karena memang, kemewahan adalah dambaan setiap manusia.

5 poin yang saya sajikan untuk Meningkatkan kemewahan Pribadi:

Bersyukur
Sangat banyak para pakar, para sastrawan, para ulama mengatakan bahwa “Jangan tunggu bahagia untuk bersyukur. Tapi bersyukurlah, maka akan datang kebahagiaan.”
Adanya rasa syukur dapat mendekatkan pribadi manusia kepada Sang Pencipta. Untuk itu, segeralah bersyukur.

Memberi
Berilah…Sebenarnya memberi itu bukan mengurangi, bahkan menambah.
Apapun yang dapat agan berikan, berikanlah. Baik itu ilmu, tenaga ataupun harta. Sungguh bangga sekali rasanya jika kita dapat memberi, apalagi memberi kepada yang membutuhkan. Terlebih yang kita berikan, bermanfaat untuk orang banyak. (seakan-akan jadi pahlawan)

Santun dalam berkomunikasi
a. Tegur Sapa
Menegur atau menyapa dapat menghidupkan naluri seorang manusia. Udah tau dong gimana caranya ‘menegur sapa’ yang baik? misal: sapalah orang itu dengan nama yang ia sukai Contoh: Gan, Say, Yang, Bebs de el el.
Sapalah lawan berbicara (meskipun hanya berdua) Contoh: Apa kabar, Pak?, Lagi dimana, Buk? Mas…pintu wc di sebelah mana ya?, de el el
b. Senyum
Sejelek-jeleknya orang jelek akan terlhat menawan jika ia murah senyum. Asal jangan senyum2 sendiri. Sekeren-kerennya orang keren, maka akan terlihat jelek apabila ia tidak senyum (cemberut misalnya).
Silakan kita senyum, senyumlah…
Jika kita santun dalam berkomunikasi, secara tidak langsung orang akan menaruh perhatian terhadap kita.
*kita termasuk TS.

Kalahkan Rasa Takut
Sebagian dari kita lebih sering menilai duluan sebelum bertindak. Makanya rasa takut selalu membayang2i pikiran kita. “ah takut, ntar diomelin”, ah takut, ntar sakit”, ah takut, ntar gagal”. Lah, kalau rasa takut terus kita kedepankan, kapan mau bertindak? So, bertindaklah.

Jangan meminta-minta
Sikap meminta-minta dapat merapuhkan kegigihan jiwa. Kecuali mintanya sama Tuhan, itu benar. Kalau meminta-minta kepada orang lain secara terus menerus, kapan waktunya untuk mengandalkan diri sendiri? Ketahuilah bahwa diri kita memiliki keunggulan. Apalagi kerjaannya ngutang sana-sini, nggak ngelunasin pulak!
Bayangkan, betapa bangganya kita bisa menikmati dari hasil kerja kita sendiri.

source

KESUKSESAN BERAWAL DARI 1000 KEGAGALAN DAN PENOLAKAN!!!

4 Jul

Orang lain atau bahkan Anda sendiri telah berkata:
Anda tidak punya bakat, tidak cocok untuk “bidang ini” atau "bisnis ini" atau tidak akan pernah berhasil sama sekali.

Jangan berkecil hati.
Berikut adalah cerita nyata tentang orang lain yang mengalami hal yang sama dan kemudian menjadi sukses besar!


1.

1:

Wakil Presiden Columbia Pictures bidang pencarian bakat baru, mengatakan bahwa aktor ini tidak akan pernah berhasil dalam bisnis ini. Siapakah aktornya?

Siapa Dia?:


Harrison Ford


2.

2:

Buku karangannya telah ditolak bahkan oleh 12 penerbit! Siapa pengarang dan judul bukunya?

Siapa Dia?:


J.K. Rowling – Harry Potter


3.

3:

Ditolak oleh sebuah perusahaan rekaman yang mengatakan "Kami tidak suka suara mereka!" Siapakah band tersebut?

Siapa Dia?:


The Beatles


4.

4:

Diberitahu oleh ayahnya bahwa ia tidak akan berguna buat orang, dan akan menjadi aib bagi dirinya dan keluarganya!

Siapa Dia?:



Charles Darwin (Penemu Teori Evolusi)


5.

5:

Diberitahu oleh seorang guru musik "Dia tidak punya harapan apabila sebagai komposer!"

Siapa Dia?:


Ludwig van Beethevon


6.

6:

Dipecat dari surat kabar tempat ia bekerja, dengan alasan dia "kekurangan imajinasi dan tidak punya ide orisinil!”

Siapa Dia?:


Walt Disney


7.

7:

Buku ini ditolak sebanyak 140 kali oleh berbagai penerbit!

Siapa Dia?:



Chicken Soup for The Soul
Ditulis oleh: Jack Canfield dan Mark Victor Hansen.
(Sekarang memiliki 65 judul yang berbeda dan telah terjual lebih dari 80 juta kopi di seluruh dunia).


8.

8:

Diberitahu oleh seorang gurunya, bahwa dia "terlalu bodoh untuk belajar sesuatu!"

Siapa Dia?:


Thomas Alfa Edison
Penemu bohlam lampu, memegang 1.093 hak paten di Amerika, juga mendirikan 14 perusahaan, yang salah satunya adalah General Electric (GE) yang masih ada sampai saat ini perusahaannya dimana iklannya pun kadang tayang di TV swasta.


9.

9:

Tidak naik kelas saat 6 SD!

Siapa Dia?:


Winston Churchill (Perdana Menteri Inggris yang memimipin Inggris di saat Perang Dunia II)


10.

10:

Tidak dapat berbicara sampai hampir umur 4 tahun dan gurunya mengatakan dia "tidak tidak akan berubah banyak!"

Siapa Dia?:


Albert Einstein (Penemu Teori Relativitas)


11.

11:

Memiliki prestasi yang buruk di sekolah dan gagal dalam menjalankan pertanian milik keluarganya!

Siapa Dia?:


Isaac Newton (Penemu Teori Gravitasi)


12.

12:

Tidak lolos untuk masuk tim basket SMAnya, ia pulang ke rumah, mengurung diri di kamarnya dan menangis.

Siapa Dia?:


Michael Jordan


13.

13:

Seorang produser mengatakan bahwa ia "tidak menarik" dan tidak dapat berakting.

Siapa Dia?:


Marilyn Monroe


14.

14:

Pernah menerima 30 penolakan oleh penerbit dimana saat menulisnya ia pernah membuangnya ke tempat sampah karena frustasi, untungnya sang istri berhasil membujuknya untuk mencoba dan mengirimnya.

Siapa Dia?:


Buku ini berjudul “Carrie”.
Merupakan buku pertama Stephen King yang berhasil terbit. Dimana setelah kesuksesan buku tersebut, ia akhirnya memutuskan menjadi penulis tetap sebagai karirnya.


15.

15:

River Plate menolaknya saat ia umur 13 tahun, karena memiliki penyakit hormon langka yang menghambat pertumbuhan (hasilnya akan menjadi manusia kerdil), dan menolak membantu pengobatan dalam pengobatan suntik hormon secara rutin untuk sedikit membantu pertumbuhannya. Tapi untungnya ada klub yang bersedia dan menerimanya. Siapa dia?

Siapa Dia?:


Barcelona – Lionel Messi

Seperti yang Anda lihat, ini hanya beberapa orang yang “menolak” untuk mendengarkan penolakan, kritik atau opini dari seorang "pakar".

Jika Anda memang yakin dengan keinginan Anda, jangan takut dan mudah menyerah.
Dengan keyakinan, usaha keras, dan terus-terus-terus mencoba menjadi lebih baik…pasti Anda bisa!

Mereka bisa melakukannya, kenapa Anda tidak?

JANGAN MUDAH MENYERAH!
KESUKSESAN BERAWAL DARI 1000 KEGAGALAN DAN PENOLAKAN!

source

source

Mari Mencintai Kehidupan yang Sudah Kita Miliki

3 Jul

Mencintai Kehidupan yang Sudah Anda Miliki


Anda merasa iri pada kehidupan orang lain. Mereka punya pekerjaan. Banyak uang. Sebuah kehidupan yang bahagia di rumah. Mereka terlihat seperti mempunyai segalanya. Anda tidak bisa berharap begitu juga.

Tak ada satupun dari kita pernah benar-benar tahu apa gimana rasanya menjalani hidup orang lain. Teman anda mungkin menghabiskan banyak uang untuk makan malam di luar, minum-minuman keras, HP canggih, tetapi yang tidak anda tahu, mereka mungkin terlilit dalam utang atau bekerja berjam-jam pada pekerjaan yang mereka benci.

Tidak ada kehidupan yang sempurna, walaupun terlihat seperti itu.

Teman anda mungkin melihat hidup anda dan berpikir hal yang hampir sama. Mungkin mereka iri dengan pekerjaan anda yang membosankan. Anda selalu pulang tepat waktu di setiap malam. Mungkin mereka iri melihat hubungan baik anda dengan pasangan anda, dengan anak-anak anda, mungkin mereka lebih suka hal itu daripada memiliki uang yang sangat banyak.

Apapun keadaan hidup anda, anda mempunyai banyak hal baik. Anda hanya perlu menyadarinya

Nikmati Yang Anda Miliki


Salah satu cara terbaik untuk mencintai hidup anda saat ini adalah membuat daftar hal yang anda syukuri tentang hidup anda. Tidak peduli sekecil apapun itu atau tidak signifikan, momen yang menyenangkan di kehidupan sehari-hari bisa juga dituliskan.

Anda mungkin berpikir:
> Orang-orang yang anda syukuri : Keluarga, Teman, Teman Sekostan, Rekan kerja
> Melakukan yang anda nikmati : Bau kopi segar, Rasa coklat, Mandi Lama setelah seharian bekerja keras
> Hal-hal yang membuat hari anda lebih mudah : mesin pencuci piring, berbelanja online, akses internet cepat di tempat kerja
> Benda Khusus Yang Sudah Sangat Melekat Dengan Anda : Cincin pernikahan Anda, Mantel Favorit,
> Saat Bahagia : Chatting dengan seorang teman, Sesuatu yang membuat Anda tertawa, Bermain dengan anak-anak anda

Saya berani bertaruh anda dapat dengan mudah menuliskan yang anda syukuri. Hidup anda penuh hal-hal baik, anda hanya perlu untuk menyadarinya

Fokus Pada Hal Baik Yang Anda Miliki

Ketika kita berpikir tentang tujuan masa depan dan ambisi, sangat mungkin anda akan patah semangat. Mungkin ada berpikir terlalu jauh untuk perubahan dalam hidup anda seperti : kehilangan berat badan, berhenti merokok, beralih pekerjaan, dll

Mungkin anda harus melihat sisi baik kehidupan anda disamping ingin merubah sesuatu yang buruk pada diri anda, mungkin hal itu :

> Anda mempunyai hubungan yang baik di tempat anda bekerja dan juga punya hubungan baik dengan atasan Anda
> Anda memiliki potensi yang luar biasa, seperti mampu membangun koneksi cepat dengan klien, dan menjadi terorganisir
> Rumah kecil sederhana, tapi anda memiliki segalanya disana
> Memiliki hobi dan anda sangat menikmatinya
> dan seterusnya

Bagaimana anda dapat membuat hal-hal yang baik lainnya?
Mungkin anda bisa menghabiskan lebih banyak waktu pada hobi Anda atau berkonsentrasi pada kegiatan tertentu di kantor anda.

Hidup Saat Ini

Sangat tepat untuk merencanakan masa depan, dan belajar dari masa lalu.
Bukan ide yang bagus jika anda memiliki pemikiran "hal-hal akan lebih baik tahun depan ketika …" atau "kehidupan jauh lebih baik tahun lalu karena … "

Mampu hidup di saat ini berarti menghargai apa yang di sekitar anda. Perhatian anda yaitu hidup saat ini sekarang, bukan mengenang apa yang sudah pergi, atau mengkhawatirkan apa yang belum datang.

Hidup di saat ini berarti:
> Menikmati hari libur, tanpa terus-menerus berpikir tentang hari senin pagi.
> Mendengarkan dengan hangar saat seseorang berbicara dengan anda dan begitu juga sebaliknya
> Meluangkan waktu untuk melihat keindahan matahari terbenam, atau untuk menikmati bau rumput segar dipotong.
> Makanlah makanan anda dengan menikmatinya

Menikmati kehidupan anda sekarang ini, membuat anda lebih banyak menemukan
keindahan pada hidup anda yang belum anda temui sebelumnya
Nikmatilah hidup anda, Jangan iri melihat kehidupan orang lain
atau ingin berlari dari kehidupan anda

source

The amazing of sabar

3 Jul

Sabar Adalah Ciri Seorang Mukmin

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Aku kagum dengan ketetapan Allah ‘azza wajalla terhadap orang-orang mukmin. Jika dia mendapatkan kebaikan, dia memuji Rabbnya dan bersyukur, jika mendapatkan musibah dia memuji kepada Rabbnya dan bersabar. Orang mukmin akan diberi pahala pada setiap urusannya sampai suapan makanan yang dia angkat kepada mulut istrinya.” (HR Ahmad No 1405)

Sabar Dalam Pergaulan

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Seorang mukmin yang berbaur dengan manusia dan bersabar atas celaan mereka adalah lebih besar pahalanya dari pada orang mukmin yang tidak membaur dengan manusia dan tidak sabar atas celaan mereka.” Hajjaj menyebutkan, “Lebih baik dari pada orang mukmin yang tidak membaur dengan mereka.” (HR Ahmad No 4780)

Sabar Dalam Kesusahan

Aku pernah bersama Ibnu Umar. Tiba-tiba mantan budak wanitanya menemuinya, menceritakan kondisinya yang serba susah, serta hasratnya untuk pergi meninggalkan Madinah. Lalu Ibnu Umar menasehatinya: “Duduklah sebentar disini, aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam bersabda: “Tidaklah salah seorang diantara kalian bersabar atas kesusahan dan kesempitan hidup kecuali pada hari kiamat kelak aku menjadi pemberi syafaat (penolong) baginya.” (HR Ahmad No 5665)

Sabar Terhadap Hal Yang Dibenci

Dan ketahuilah bahwa di dalam kesabaran terhadap hal yang engkau benci terdapat banyak kebaikan. Bahwa pertolongan itu (datang) setelah kesabaran, dan kelapangan itu (datang) setelah kesempitan serta bahwa kemudahan itu (datang) setelah kesulitan. (HR Ahmad No 2666)

Sabar Terhadap Musibah

“Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Barang siapa yang Aku hilangkan kedua kekasihnya (kedua matanya) lalu ia bersabar dan berharap pahala (dariKu) maka Aku tidak akan merelakan suatu pahala baginya kecuali syurga.” (HR Ahmad No 7280)

“Tidaklah salah seorang dari kalian ditinggal mati oleh tiga orang anaknya, lalu ia sabar dan mengharap pahala dari Allah, kecuali pasti ia akan masuk ke dalam surga.” Lalu berkatalah seorang wanita dari mereka; “Bagimana jika dua orang saja?” Rasulullah bersabda: “Meskipun dua orang.” (HR Ahmad No 8561)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang mukmin yang tertusuk duri kemudian bersabar dan mengharap pahala dari Allah, kecuali Allah akan hapuskan dosa-dosanya pada hari kiamat.” (HR Ahmad No 8851)

Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Allah ‘azza wajalla berfirman: ‘Tidak ada balasan yang sesuai disisi-Ku bagi hamba-Ku yang beriman, jika aku mencabut nyawa orang yang dicintainya di dunia, kemudian rela dan bersabar kecuali surga.” (HR Ahmad No 9024)

Sabar Terhadap Sulitnya Keadaan

“Kota Madinah, bagi yang bersabar atas susah payah dan kerasnya alamnya, maka aku akan menjadi pemberi syafaat, -atau beliau menyebutkan; – akan menjadi saksi baginya pada hari kiamat.” (HR Ahmad No 9394)

Sabar Bertemu Musuh

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Janganlah kalian berharap bertemu dengan musuh, maka jika kalian berjumpa dengan mereka hendaklah kalian bersabar.” (HR Ahmad No 10356)

Berusahalah untuk Sabar

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa berusaha untuk sabar maka Allah akan menjadikannya sabar, barangsiapa berusaha untuk kaya maka Allah akan mengayakannya, barangsiapa menjaga diri maka Allah akan memelihara dirinya, dan aku tidak mendapati untuk kalian rizki yang lebih lapang dari pada sabar.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sabar itu ada pada saat pertama kali terbentur musibah.” (HR Ahmad No 11868)

Mudah-mudahan, di akhirat nanti mendapatkan ucapan selamat dari para malaikat:

‘Salamun ‘alaikum bima shabartum (Keselamatan atas kalian oleh karena kesabaran kalian).’

Mari kita berusaha untuk sabar Dalam Menhadapi Cobaan dan Halangan Demi Mencapai Ridho di Dunia dan Di Akhirat

source